Berita

Ciptakan Menu 3B Berbahan Pangan Lokal

Kecamatan Biatan Gelar Lomba UP2K

Pariwisata Kalimantan Timur | Senin, 21 Oktober 2013 - 07:51:19 WIB | dibaca: 321 pembaca

TANJUNG REDEB  -  Usaha kuliner kini menjadi daya tarik sendiri. Bahkan jika dikembangkan dengan maksimal, maka kuliner ini dapat menjadi salah satu pendorong daya tarik pariwisata. Dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Berau, memiliki masing-masing keunggulan di bidang wisata alam.
 
Untuk meningkatkan daya saing wisata alam itu pun harus didukung dengan wisata lain, yang di antaranya adalah wisata belanja suvenir atau cindera mata dan kuliner. Dengan wisata belanja dan makanan ini juga menjadi salah satu peningkatan ekonomi masyarakat.
 
Guna meningkatkan potensi yang ada tersebut, jajaran Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Biatan, menggelar lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang diikuti delapan kampung di wilayah kecamatan pesisir tersebut. Lomba yang dipusatkan di Aula Kecamatan Biatan awal Oktober lalu dibuka Camat Endin Supandy.
 
Tidak hanya lomba UP2K di mana setiap kelompok PPK kampung menampilkan berbagai kerajinan tangan bernilai ekonomi. Dalam waktu bersamaan TP PKK Kecamatan Biatan juga menggelar lomba makanan 3B (beragam, bergizi dan berimbang), di mana makanan yang menjadi panganan khas nusantara ini menggunakan bahan baku lokal yang ada di setiap kampung peserta lomba.
 
Selama kegiatan, setiap kampung pun menyajikan berbagai menu tradisional, mulai yang berbahan baku beras, jagung, hingga singkong. “Kita mencoba menggali potensi di setiap kampung dalam hal kerajinan tangan dan makanan tradisional yang bisa kita bangkitkan sebagai daya tarik pariwisata,” ungkap Ketua TP PKK Biatan, Musyarrafah E Supandy.
 
Dari kegiatan lomba tersebut, disampaikannya dalam lomba UP2K, juara pertama diraih Kampung Biatan Ilir, Juara Kedua Kampung Biatan Lempaka dan Juara Ketiga Kampung Karangan. Sementara untuk lomba menu beragam, bergizi dan berimbang dengan bahan pangan lokal, berhasil diraih Kampung Biatan Lempake sebagai juara pertama. Sementara di tempat kedua dan ketiga diraih Kampung Karangan dan Kampung Biatan.
 
Camat Biatan, Endin Supandy memberikan apresiasi kepada kegiatan TP PKK yang membangkit usaha masyarakat pada tingkatan bawah. Potensi di Biatan diakuinya sangat besar dengan dukungan beberapa objek wisata alam. Ia pun optimistis dengan kegiatan lomba ini akan memberikan motivasi kepada PKK Kampung untuk terus mengembangkan usaha yang telah dijalankan selama ini. “Kami berikan apresiasi dan berharap kegiatan ini menjadi motivasi dan terus berkelanjutan,” tandasnya. (Sumber. Kaltimpost)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)