Berita

Kubar Dapat Lima Prestasi Membanggakan

Pariwisata Kalimantan Timur | Rabu, 15 Januari 2014 - 07:37:11 WIB | dibaca: 464 pembaca

SENDAWAR - Pemkab Kubar kembali menerima lima prestasi pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-57 Provinsi Kaltim di Stadion Utama Palaran, Samarinda Seberang, Kamis (9/1). Penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak berupa panji keberhasilan terbaik dalam bidang Koperasi dalam pembangunan selama 2013, dan penghargaan tokoh pembina Koperasi diberikan kepada Bupati Kubar Ismail Thomas sebagai tokoh Pembina Koperasi. Penghargaan ini diwakili oleh Wakil Bupati Didik Effendi untuk menerimanya.

Ketiga prestasi lagi diserahkan oleh Pemerintah Provinsi pada malam Anugerah Kaltim di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Yakni penghargaan terbaik kedua bidang pengelolaan keuangan daerah, terbaik kedua bidang kebudayaan pariwisata kategori kabupaten, dan terbaik ketiga bidang kehutanan. Ketiga penghargaan ini diterima oleh Asisten I Pemerintahan Hukum dan Humas Sekretariat Kabupaten Kubar Edyanto Arkhan.

Wakil Bupati Kubar Didik Effendi berharap, melalui penghargaan bidang koperasi yang diperoleh ke depan koperasi di Kubar tidak hanya bertambah jumlah anggotanya, namun jumlah modal dan jenis usahanya juga harus bertambah. Dengan demikian koperasi mampu meningkatkan derajat kehidupan dan ekonomi masyarakat guna menurunkan angka kemiskinan menjadi di bawah 5 persen.

Selain itu, Pemkab Kubar tentu tetap fokus memberikan penyertaan modal kepada koperasi yang benar-benar maju dan berkembang. Penyertaan modal itu pun selektif, sejak 2012 koperasi selalu dievaluasi jika tidak berkembang dan penggunaan modal tidak tepat sasaran maka koperasi tidak akan diberikan penyertaan modal lagi dari Pemkab.

Untuk diketahui, saat ini di Kubar sudah ada 878 koperasi dengan anggota 24.476 orang. Terdiri dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Koperasi Serba Usaha (KSU), Koperasi Pertanian, Perkebunan, dan Koperasi Industri Kecil. Kemudian yang sudah mendapatkan penyertaan modal sejak 2007-2013 tercatat 620 koperasi se-Kubar.

“Keberhasilan kita mendapatkan penghargaan di bidang koperasi tidak hanya di tingkat provinsi bahkan di tingkat nasional. Tentu kita berharap koperasi benar-benar mampu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui koperasi-koperasi yang ada di kecamatan dan kampung,” katanya. Dengan catatan pengelola koperasi harus selektif dalam pengelolaan dana ke mana arah dan tujuan. Karena Pemkab tidak ingin penyertaan modal yang diberikan dipergunakan tidak tepat sasaran.

“Melalui penghargaan yang kita dapat juga diharapkan mampu meningkatkan semangat perekonomian di Kubar,” jelasnya.

Berkaitan penghargaan terbaik dua di bidang Kebudayaan, Wabup menjelaskan, Pemkab Kubar sangat memerhatikan perkembangan seni dan budaya, yang dibuktikan dengan pembangunan Lamin/Luuq  enam etnis di Taman Budaya Sentawar (TBS) sebagai pusat pengembangan seni dan budaya.

Sekaligus sebagai ikon Kubar yang terbaik di Kaltim. Selain itu melalui kelompok sanggar seni yang ada di kecamatan dan kampung masyarakat bisa menggali dan mengembangkan seni dan budaya yang ada. Sehingga adat seni dan budaya yang ada di Kubar, sesuai moto, visi, dan misi bahwa Pembangunan Kubar 2006-2011 dan 2011-2016 bisa terus kita gali dan dikembangkan.

Wabup juga menyampaikan apresiasinya terkait penghargaan terbaik tiga di bidang kehutanan. Ia mengatakan, Pemkab Kubar setiap saat selalu menggalakkan kegiatan menanam pohon dan membangkitkan kembali budaya masyarakat Kubar membuat lembo/kebun buah.

“Beberapa bulan yang lalu Kubar juga sudah memecahkan rekor Muri secara nasional dengan gerakan menanam Holay/Hojatn Laay tanam buah lokal. Kegiatan menanam pohon tersebut Kubar tidak hanya bertujuan memecahkan rekor namun betul-betul dengan niat yang tulus dengan tujuan ke depan agar Kubar menjadi hijau,” tuturnya.

Wabup juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, hutan merupakan kekayaan alam dan anugerah dari Tuhan yang hendaknya masyarakat bisa menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya dan tidak kalah pentingnya harus terus menanam pohon. (Sumber. Kaltimpost)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)